MODERATOR AIDC

AIDC NORA ZEK LADY
FAIZAL OM 300 QASEH
UDIN KMBG GLORY CKIAH
DRASEREMANG PISAU ABU

PANAS! DI AIDC GROUP

Anwar, International Crisis Group & Annapolis Summit : Klik di sini


NOTIS

Sesiapa yang mempunyai salinan pita rakaman mesyuarat MT berkenaan pemecatan Anwar pada tahun 1998, diharap dapat menghubungi saya via ym aidceditor atau email aidceditor@yahoo.com

25 Jun 2008

Sumpah Ezam : Anwar bukan muslim yang baik


“SAYA bersumpah dengan nama Allah dan Rasulullah S.A.W dan dengan berpegang teguh kepada prinsip sebagai seorang Muslimin, saya tidak akan sama sekali membenarkan Anwar Ibrahim menjadi Perdana Menteri…”
Deklarasi Ezam Mohd Nor

Itu adalah sumpah Ezam Mohd Noor, bekas orang kuat Anwar Ibrahim. Malah Ezam juga dikatakan telah mendedahkan bahawa Anwar Ibrahim bukan seorang Muslim yang baik dan tidak layak sama sekali untuk menjadi Perdana Menteri Malaysia. Apakah makna yang tersirat di sebalik sumpah Ezam ini? Apakah yang Ezam sembunyikan selama ini tentang Anwar? Apakah selama ini Ezam turut bersubahat menyembunyikan sesuatu yang kotor serta jijik tentang Anwar daripada pengetahuan seluruh rakyat?



Benar Ezam lebih mengerti serta memahami siapa sebenarnya Anwar Ibrahim. Ezam lebih dekat dengan kehidupan politik dan peribadi Anwar Ibrahim. Ezam lebih mengetahui bunga pencak silat politik Anwar malah wajah Anwar Ibrahim yang sedang di jaja merata-rata tempat hari ini akan ada wajah lain di sebaliknya pada kaca mata Ezam seandainya terdedah.

Ezam yang sekian lama menjadi alas kaki Anwar dan akhirnya bangun bertaubat untuk membuktikan kepada khalayak betapa jijiknya Anwar sehingga beliau begitu berani melontarkan pandangan bahawa Anwar bukan seorang muslim yang baik.

Adakah kenyataan Ezam ini ada rasionalnya kerana Anwar dengan imej serta perwatakan Islamnya sedang diterima hebat sebagi penyokong gerakan Islam sejati malah aura keperibadian Islamnya begitu sekali diagungkan oleh PAS sehingga mereka sanggup tunduk dan menjadi pencacai dalam gerakan Pakatan Palsu Rakyat.

Namun sumpah Ezam ini membuktikan ada sesuatu yang Ezam dan Anwar sembunyikan daripada pengetahuan rakyat. Kejujuran Ezam untuk mendedahkan siapa Anwar sebenarnya adalah dituntut sebelum Anwar melakukan sesuatu yang bakal merosakkan agama, bangsa dan Negara.

Anwar yang sedang menggilai kerusi Perdana Menteri selepas Pak Lah perlu dihalang dengan apa cara sekalipun dan keberanian Ezam untuk mendedahkan `musang berbulu ayam’ ataupun ‘ musang berjanggut’ ini amat sekali dialu-alukan dan Ezam harus menunaikan sumpah itu dari sekarang kerana kelibat Anwar yang sedang menjajakan ranjang kotor landskap politik Negara makin menular.

Kebencian rakyat terhadap Pak Lah tidak seharusnya dijadikan hamparan untuk menukar beliau dengan Pak Lah dan Anwar bukanlah satu-satunya pemimpin `Melayu’ yang diharapkan untuk menjamin kestabilan politik negara ini. Anwar ada sejarahnya tersendiri, Anwar ada keperibadian yang hanya beliau seorang sahaja yang tahu.

Kita melihat Anwar seakan memimpin satu gerakan kepimpinan yang boleh menghancurkan Negara. Setiap bait-bait perkataan yang keluar dari mulutnya hanyalah sekadar umpan mahu memancing sokongan untuk beliau berkuasa. Bahasa badan mampu meruntuhkan keyakinan khalayak kepada kerajaan dan rakyat terpesona dengan hujah pidatonya yang mungkin telah dihafal berlama-lama.

Ezam sudah tidak mempunyai banyak masa untuk menunaikan sumpah tersebut. Ezam ada kemampuan untuk meyakinkan rakyat. Ezam ada kelebihan untuk memberitahu rakyat yang telah sekian lama terpesong ideologi kerana dirasuk oleh Anwar.

Dosa Ezam terhadap UMNO dan rakyat akan terampun seandainya Ezam mula sedar betapa bahayanya Anwar kalau tidak dihalang dari sekarang dan Ezam harus dengan gagah mendedahkan segala-galanya tentang Anwar.



Mendedahkan maksud Anwar bukan Muslim yang baik harus diperjelaskan oleh Ezam agar tidak ada rakyat terus terpesong dengan imej Islam yang sedang mewarnai Anwar hari ini. Kalau Ezam hanya sekadar melontarkan kenyataan semata-mata tanpa apa-apa yang membenarkan segala sumpah beliau tersebut, Ezam juga akan turut ditempelak sebagai seorang pemimpin retorik, sama seperti Anwar Ibarhim.

Ezam di tuntut hari ini untuk menebus apa yang dilakukan sebelum ini agar orang seperti Anwar dapat dilihat oleh masyarakat dari sudut sebenarnya. Arca Islamik yang dipotretnya mampu memesongkan rakyat. Anwar juga hari ini kelihatan membelakangi orang Melayu hanya untuk mencapai cita-cita yang terbit dari dendam peribadi. Langkah Anwar mampu dipatahkan oleh seorang yang tahu, pernah berkorban untuk Anwar dan faham selok-belok mainan politik Anwar. Ini perlu dilaksanakan dengan segera agar Malaysia terselamat dari Anwar Ibrahim.

baca artikel asal : malaysia-hariini.com

10 ulasan:

Tanpa Nama berkata...

Probably I can say with this blog make, more some interesting topics.

Tanpa Nama berkata...

lawatilah blog aku.....

http://jatjenin.blogspot.com/

Tanpa Nama berkata...

EZAM sepuluh kali tak baiknya????


mananya perjuangan ko EZAM????? sekejap nak hapus rasuah, sekejap kutuk paklah, sekejap kutuk najib, sekejap puji paklah, sekejap bodek paklah, sekejap puji anwar, sekejap kutuk anwar, sekejap lagi ko mampus agaknya?????

SUSAH HIDUP KALAU SESEORANG TUH MUNAFIK, sekejap aje nak berjuang!!!!

Tanpa Nama berkata...

EZAM sepuluh kali tak baiknya????


mananya perjuangan ko EZAM????? sekejap nak hapus rasuah, sekejap kutuk paklah, sekejap kutuk najib, sekejap puji paklah, sekejap bodek paklah, sekejap puji anwar, sekejap kutuk anwar, sekejap lagi ko mampus agaknya?????

SUSAH HIDUP KALAU SESEORANG TUH MUNAFIK, sekejap aje nak berjuang!!!!

Fauzi HBP 89 berkata...

Kalau kamu bohong Allah maha tahu, jika anwar bohong Allah maha mengetahui.

Jika kami tak tahu, Allah maha mengetahui.

Siapa yang benar

Allah Maha Mengetahui

Fauzi

Tanpa Nama berkata...

All I can say is nothing because your blog is not interesting to read.

Tanpa Nama berkata...

cehh mamat ezam ni, kemain lg, woii ... mane sumpah keramat ngko dulu tuh ezam?

sumpah sane, sumpah sini, last2 jadi sesumpah, hahahaha..

kemain lagi dulu korupsi sane, rasuah sini, kehulu nepotisme, kehilir kronisme, MANE???

Tanpa Nama berkata...

Pegi dah...

Mana dokumen yg berkotak-kotak tu ?

Porah.....

Panglima Perang Cyber berkata...

sumpah bukan perkara main main !!!

sesumpah memang tak reti bersumpah.

Anwar tidak pernah bersumpah nafi khalwat !!!

tengok di

http://pedangberbisa.wordpress.com

kita tengok sumpah mana yang benar !!!

Tanpa Nama berkata...

Sikap Seorang Muslim Di Dlm Menghadapi Fitnah...Kekaya2an tak kemana ke lubang kubur akhirnya.

Segala puji bagi Allah yang telah berfirman :

(لكل أمة جعلنا منسكاهم ناسكوه فلا ينازعنك في الأمر وادع إلى ربك إنك لعلى هدى مستقيم . وإن جادلوك فقل الله أعلم بما تعملون . الله يحكم بينكم يوم القيامة فيما كنتم فيه تختلفون)

“Bagi tiap-tiap umat telah kami tetapkan syari'at tertentu yang mereka lakukan, maka janganlah sekali-kali membantah kamu dalam urusan (syari'at) ini dan serulah kepada (agama) Tuhanmu. Sesungguhnya kamu benar-benar berada pada jalan yang lurus. Dan jika mereka membantah kamu, maka katakanlah : "Allah lebih mengetahui tentang apa yang kamu kerjakan.Allah akan mengadili diantara kamu pada hari kiamat tentang apa yang kamu dahulu selalu berselisih padanya.” (Surat Al-Hajj : 67 – 69)

Dan segala puji bagiNya yang telah berfirman :

(أليس الله بكاف عبده ويخوفونك بالذين من دونه ومن يضلل الله فما له من هاد. ومن يهد الله فما له من مضل أليس الله بعزيز ذي انتقام)

“Bukankah Allah cukup untuk melindungi hamba-hamba-Nya . Dan mereka mempertakuti kamu dengan (sembahan-sembahan) yang selain Allah? dan siapa yang disesatkan Allah maka tidak seorang pun pemberi petunjuk baginya.”

(Surat Az-Zumar : 36)

Wahai saudaraku marilah kita berlindunglah kepada Allah dari segala bentuk fitnah, berlindunglah kepada Allah dari fitnah yang merusak agama ini, merusak fikiran, badan serta merusak segala bentuk kebaikan, berlindunglah kepada Allah dari itu semua, karena tidak ada kebaikan didalam fitnah itu selamanya.Nabi saw sering berlindung kepada Allah dari fitnah tersebut dan beliau SAW memperingatkan darinya.

Oleh karena itulah ketika Bukhari –rahimahullah- menyebutkan didalam Shahihnya kitab Al-Fitan beliau memulainya dengan perkataan : (Bab : firman Allah Ta’ala :

(واتقوا فتنة لا تصيبن الذين ظلموا منكم خاصة)

“Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang zalim saja diantara kamu .” (Surat Al-Anfal : 25)

Dan dahulu Rasulullah -saw- memperingatkan dari fitnah itu).

Fitnah itu apabila telah datang tidaklah akan menimpa orang yang zalim saja akan tetapi akan menimpa semuanya, dan tidak akan meninggalkan perkataan orang yang berkata. Maka wajib bagi kita untuk berhati – hati dari fitnah sebelum terjerumus kedalamnya, serta menjauhkan diri sejauh-jauhnya dari setiap hal yang mendekatkan kepada fitnah karena termasuk tanda-tanda akhir zaman adalah banyaknya fitnah sebagaimana yang telah tersebut didalam hadits shohih bahwasanya Nabi -saw- pernah bersabda : “Tanda–tanda akhir zaman adalah cepatnya waktu, sedikitnya amal, meratanya kebakhilan, banyaknya atau jelasnya fitnah”. Karena fitnah itu apabila telah tersebar maka akan selalu mengiringinya kerusakan yang mendekatkan kepada hari kiamat.

Termasuk dari kasih-sayangnya Nabiyullah -saw- kepada kita adalah peringatan beliau untuk kita berhati-hati dari terjerumus kedalam segala bentuk fitnah. Allah subhanahu wa Ta’ala telah memperinngatkan kita dengan firman-Nya :

(واتقوا فتنة لا تصيبن الذين ظلموا منكم خاصة)

Berkata Ibnu katsir rahimahullah didalam mentafsiri ayat ini : “Ayat ini walaupun ditujukan kepada Shahabat akan tetapi dia itu umum untuk setiap muslim karena Nabi saw memperingatkan dari segala bentuk fitnah”.

Berkata pula Al-Alusy didalam tafsirnya tentang ayat ini : “ditafsirkan fitnah didalam ayat : ( واتقوا فتنة لا تصيبن الذين ظلموا منكم خاصة ) dengan sikap bertoleransi didalam menyuruh yang baik dan melarang yang mungkar, ditafsirkan pula dengan perpecahan dan perselisihan serta tidak adanya pengingkaran terhadap bid'ah yang telah jelas dan lain sebagainya). Beliau pun berkata : (Semua makna tersebut disesuaikan dengan situasi dan keadaan).

Maksudnya apabila zaman itu zaman perpecahan atau perselisihan maka seharusnya sebagian kita memperingatkan sebagian yang lain dengan firman-Nya : ( واتقوا فتنة لا تصيبن)

الذين ظلموا منكم خاصة ) ) Maksudnya adalah takutlah perpecahan dan perselisihan yang akibatnya tidak hanya menimpa mereka yang zalim saja akan tetapi akan menimpa semuanya.

Oleh karena itulah kami pada kesempatan kali ini ingin mengingatkan tentang perkara ini, sebab kami melihat adanya tersebar fitnah di negeri ini (Malaysia –pent-) yang ingin ditegakan diatas tauhid dan seruan kepada peribadahan hanya kepada Allah , yang mana kita tidak melihat hal demikian itu kecuali yang hanya dikehendaki oleh Allah. Maka wajib bagi kami untuk mengingatkan diri kami dan mereka semuanya untuk terus menuntut ilmu yang bermanfaat dan memegang teguh aqidah para Salafush sholeh aqidah ahli sunnah wal jama'ah.

Oleh sebab itu terasa bagi saya untuk menukilkan, mengingatkan serta menerangkan kepada mereka beberapa perkataan Imam-imam kita ahli sunnah wal jama'ah yang dibangun diatas hadith Rasul saw serta diatas firman Allah subhana.

Sesungguhnya fitnah apabila tidak diperhatikan keadaan serta tidak dilihat akibatnya maka akan berakhir dengan kecelakaan, Ketentuan (Dhabith) pada setiap perkara haruslah diketahui, sehingga mudah bagimu –wahai saudaraku- untuk menjaga diri dari terseret kedalam akibat yang buruk atau kamu tidak dapat mengetahui apa akibatnya nanti, kemaslahatan atau kerusakan. Dari sinilah kita mengetahui bahwasannya harus kita memperhatikan ketentuan-ketentuan dan kaidah-kaidah yang telah dijelaskan ahlu sunnah wal jama'ah.

Apakah yang dimaksud dengan dhobith (ketentuan) dan kaidah itu? Dhobith didalam suatu masalah itu adalah apa-apa yang dengannya kita mengetahui bagaimana menghukumi masalah-masalah disuatu bab dan kepadanyalah dikembalikan permasalahan-permasalahan dibab tersebut. Adapun kaidah itu adalah perkara menyeluruh yang merujuk kepadanya masalah-masalah dibab-bab yang berbeda. Oleh karena itu wajib bagi kita untuk mengambil ketentuan-ketentuan dan kaidah-kaidah yang dipakai Ahlu sunnah wal jama'ah.

Nabi saw pernah bersabda :

( إنه من يعش منكم فسيرى اختلافا كثيرا, فعليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين المهديين من بعدي تمسكوا بها وعضوا عليها بالنواجذ).

Artinya : “Sesungguhnya barangsiapa yang hidup diantara kalian akan melihat perselisihan yang banyak maka wajib bagi kalian untuk berpegang teguh dengan sunnahku dan sunnah Khulafa' rasyidin setelahku, pegang dan gigit dengan gigi-gigi geraham.” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud (4607), Tirmidzi (2676), dan Ahmad 4/126-127 dan Ibnu Majah(43,44))

Sungguh para Shahabat telah melihat perselisihan tersebut dan tidaklah mereka itu selamat melainkan karena berpegang teguh dengan kaidah-kaidah yang diajarkan Rasulullah saw dan Khulafa’ rasyidin setelahnya.

DHOWABITH DAN KAIDAH-KAIDAH SYARIAT YANG WAJIB DIIKUTI DIDALAM MENGHADAPI FITNAH

PERTAMA : Apabila fitnah telah muncul dan keadaan sudah berubah maka wajib bagi kita untuk bersikap lemah lembut, berhati-hati tidak tergesa-gesa serta santun.

Ini merupakan kaidah yang penting yaitu :

1. Lemah lembut, karena nabi saw pernah bersabda dalam hadits yang shohih : ”Tidaklah lemah lembut itu ada pada sesuatu kecuali akan baik sesuatu itu dan tidaklah dia dicabut dari sesuatu itu kecuali dia akan menjadi buruk”.

Berkata Ahli ilmi : sabda beliau ini (tidaklah dia ada pada sesuatu kecuali dia akan baik) kata (شيء / sesuatu) adalah umum, dia datang setelah konteks peniadaan, hal ini mengharuskan mencakup segala sesuatu, yaitu bahwasanya lemah lembut itu terpuji disegala keadaan.

Dan di dalam hadits yang lain Nabi saw bersabda : ”Sesungguhnya Allah mencintai lemah lembut disegala perkara” hal ini beliau katakan kepada 'Aisyah As-Shiddiqah binti As-Shiddiq dan Imam Bukhari memberikan salah satu judul didalam kitabnya ash-shohih : ”bab lemah lembut disegala perkara”.

Maka wajib bagi kamu untuk berlemah lembut disegala perkara dan berhati – hati jangan cepat marah serta kasar, karena kamu tidak akan menyesal kalau kamu berlemah lembut, tidaklah lemah lembut itu ada pada sesuatu kecuali sesuatu itu akan baik didalam pemikiran, didalam menyikapi, didalam menghukumi dan lain sebagai nya.

Wajib bagi kamu untuk bersikap lemah lembut jangan tergesa-gesa dan jangan bersama orang yang tergesa-gesa, akan tetapi berhati-hatilah dalam rangka mengamalkan sabda Nabi saw : ”tidaklah lemah lembut itu ada pada sesuatu melainkan sesuatu itu akan baik”. Ambillah perkara yang baik dan jauhilah perkara yang buruk yaitu dengan dicabut nya sikap lemah lembut.

2. Berhati-hati, bersabda Nabi saw kepada Asyaj Abdul Qais : ”Sesungguhnya ada pada dirimu dua perangai yang Allah dan Rasul-Nya mencintai keduanya yaitu santun dan berhati-hati”.

Berhati-hati itu adalah perangai yang terpuji, oleh karena itulah Allah berfirman :

( و يدع الإنسان بالشر دعاءه بالخير و كان الإنسان عجولا )

“Dan manusia mendo'a untuk kejahatan sebagaimana ia mendo'a untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa.” (Surat Al-Isra' : 11)

Ahlu ilmi berkata : disini ada celaan bagi manusia yang mana mereka selalu tergesa-gesa, maka barang-siapa yang memiliki perangai seperti ini maka dia tercela, oleh sebab itulah Nabi saw tidak pernah tergesa-gesa.

3. Santun dalam menghadapi fitnah dan ketika terjadi suasana yang tidak menentu adalah suatu hal yang sangat terpuji, karena dengan santun itulah seorang akan dapat melihat setiap permasalahan dengan sebenarnya.

Diriwayatkan dalam shohih Muslim dari hadits Al-laits bin sa'ad dari Musa bin 'ali dari ayahnya bahwasanya Al-Mustaurid Al-Qurasy ada disisinya 'Amru bin Al-’Ash -radhiyallahu 'anhu- dia berkata : aku pernah mendengar Rasulullah saw bersabda : ”Pada waktu terjadinya kiamat, Bangsa Rum (Romawi/eropah) adalah orang yang terbanyak”, berkata 'Amru bin Al-'Ash kepada Al-Mustaurid : ”bagaimana menurutmu?” dia menjawab : ”Mengapa aku tidak mengatakan apa-apa yang dikatakan Rasulullah saw?” dia berkata : ”Jika memang demikian maka sebabnya adalah karena Rum memiliki empat perangai :

1. Mereka orang yang paling bersabar ketika menghadapi fitnah

2. Mereka orang yang paling cepat sadar ketika ditimpa musibah

3. dst...”

Dan beliau menyebutkan keempat-empatnya bahkan menambahnya sampai lima.

Berkata ahlu 'ilmi : Perkataan ini adalah dari 'Amru bin Al-’Ash bukan untuk memuji orang -orang Romawi dan nashara- yang kafir, tidak! akan tetapi untuk menjelaskan kepada kaum muslimin bahwasannya keberadaan Rum dan banyaknya jumlah mereka sampai datangnya hari kiamat nanti itu disebabkan karena mereka adalah orang yang paling santun dalam menghadapi fitnah dengan kesantunan yang mereka miliki itulah mereka dapat melihat setiap permasalahan sekaligus menyelesaikannya dengan baik sehingga mereka dan golongannya tidak binasa. Dan inilah yang dikatakan oleh As-Sanusy dan Al-Ubby dalam syarahnya terhadap shohih muslim.

Disini terdapat peringatan halus, karena Nabi saw menyatakan bahwasannya tidak akan terjadi hari kiamat sampai Rum menjadi orang yang terbanyak, mengapa? Berkata 'Amru bin al-'Ash : karena mereka memiliki empat perangai diantaranya adalah bahwasanya mereka adalah orang yang paling santun dalam menghadapi perubahan zaman dan ketika menghadapi fitnah, mereka santun, tidak tergesa-gesa dan tidak cepat marah untuk menyelamatkan teman-teman mereka dari pembunuhan ataupun fitnah, sebab mereka mengetahui bahwa kalau fitnah itu muncul maka akan menimpa mereka, dengan perangai itulah mereka bertahan sampai hari kiamat dan menjadi orang yang terbanyak.

Sungguh sangat mengherankan jika kita tidak mengambil perangai ini, yang mana 'Amru bin al-'Ash menyebut Rum dengannyanya dan mereka memiliki perangai yang terpuji tersebut. Sebetulnya kitalah yang lebih patut dengan segala kebaikan daripada selain kita. Santun adalah sangat terpuji didalam segala hal karena dia akan menerangi pikiran orang yang berakal didalam menghadapi fitnah dan ini menunjukkan atas keberadaan akal pikirannya.

Ini adalah dhobith yang pertama serta kaidah yang awal yang selalu diperhatikan oleh Ahlu sunnah wal jama'ah ketika munculnya fitnah dan berubahnya zaman. Dhowabith dan qawaid ini sebagiannya dhobit dan sebagian lagi kaidah yang aku (pengarang) menggabungkannya karena ada persamaan makna diantara keduannya.

Seorang muslim haruslah berpegang teguh dengan keadilan disetiap perkara. Allah Jalla wa ‘Ala berfirman :

) (وإذا قلتم فاعدلوا ولو كان ذاقربى

”Apabila kamu berbicara maka berbuatlah yang adil walaupun kepada kerabat dekatmu.” ( Surat Al-An'am : 152 )

Dan Dia berfirman :

( و لا يجرمنكم شنا ن قوم على أن لا تعدلوا اعدلوا هو أقرب للتقوى )

“Dan janganlah kebenciannmu terhadap suatu kaum menjadikan kamu tidak berbuat adil, berbuat adillah karena itu lebih dekat kepada taqwa.” ( Surat Al-Maidah : 8 )

Sebetulnya masalah ini sudah dijelaskan dengan jelas sekali yaitu seorang haruslah berbuat adil dalam perkataan, dalam menghukumi. Barangsiapa yang tidak berbuat adil dalam berkata atau dalam menghukumi maka dia tidaklah mengikuti syariat ini yang diharapkan keselamatan bersamanya.

Apakah makna adil dalam kaidah ini? Maknanya adalah kamu mendatangkan perkara yang baik-baik dan perkara yang buruk, kamu datangkan sisi yang kamu sukai dan yang tidak kamu sukai ( Adapun dalam kita mengkritik atau memperingatkan umat dari bahaya bid'ahnya seseorang/mubtadi' atau kelompok yang sesat maka tidak perlu menyebutkan kebaikannya, dan inilah yang telah dicontohkan oleh para ulama'ahli sunnah wal jama'ah/salafunash sholeh seperti Imam Ahmad dll … untuk lebih jelasnya lihat kitab "Manhaj Ahlis Sunnah wal Jama'ah fi Naqdir Rijal wal Kutub wath Thowaaif" dan "Al-Mahajjatul Baidho' fi Himaayatis Sunnah al-Ghorra' min Zallaati Ahlil Akhtho' waz Zaighi Ahlil Ahwa' "oleh DR.Rabi' bin Hadi Al-Madkhaly-hafizhahullah- Islamic university of medina pent. )

kemudian kamu timbang keduanya dalam timbangan yang satu, setelah itu kamu menghukuminya. Karena dengan itulah seseorang akan terjaga dari menisbatkan kepada syariat atau kepada Allah Jalla wa ‘Ala atau kepada sunnah alam ini apa-apa yang tidak sesuai dengan yang diperintahkan Allah Jalla wa ’Ala.

Menimbang antara yang baik dan buruk merupakan suatu keharusan, menampakkan keduanya didalam pikiran sampai mendapatkan suatu hasil yang syar'i, sehingga gambaran, perkataan, pemahaman, serta pendapatmu didalam fitnah menjadi penyelamat insya Allah Ta’ala.

Ini adalah perkara yang penting dan sekaligus merupakan kaidah yang harus selalu diperhatikan karena barangsiapa yang tidak peduli dengannya maka dia akan terpengaruh oleh hawa nafsunya dan akan menular kepada yang lain yang akhirnya termasuk dalam sabda Nabi saw :

( ومن سن سنة سيئة فعليه وزرها ووزر من عمل بها إلى يوم القيامة )

”Barangsiapa yang mencontohkan sunnah yang jelek maka dia akan mendapat dosanya dan dosa orang yang mengikutinya sampai hari kiamat.” (Diriwayatkan oleh Muslim dalam shohihnya dalam kitab zakat, Ahmad dalam musnadnya 4/357, 362 dan Ibnu Majah dalam sunannya 1/74/203-207)

Firman Allah Jalla wa ‘Ala :

( واعتصموا بحبل الله جميعا ولا تفرقوا )

”Berpegang teguhlah kalian semua dengan tali Allah dan janganlah berpecah belah.” ( Surat Ali ' imron : 103 )

Nabi saw menjelaskan ayat ini dengan sabdanya :

( عليكم بالجماعة وإياكم والفرقة )

”Bersatulah kalian dan jauhilah perpecahan.” (Diriwayatkan oleh Tirmidzi dalam Sunannya kitabul fitan (7) dan Ahmad dalam Musnadnya (50,370,371)).

Dan telah tetap juga didalam hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Ahmad di zawaid musnad ayahnya bahwasanya Nabi saw bersabda :

( الجماعة رحمة والفرقة عذاب )

”Bersatu itu rahmat dan berpecah belah itu adzab.” (Diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya 4,278 dan 370).

Berpecah belah dengan segala bentuknya, baik dalam pemikiran, perkataan dan perbuatan, merupakan adzab yang Allah timpakan bagi yang menyelisihi perintah-Nya dan mencari pentunjuk selain petunjuk-Nya.